paratusin tablet

Paratusin Tablet dan Sirup, Mana yang Lebih Ampuh?

  • July 30, 2021

Dalam dunia farmasi, obat flu sepertinya jadi salah satu kelompok obat yang punya jenis atau varian paling banyak. Dengan cara paling sederhana, kita seperti dapat mengonfirmasi itu. Cobalah datang ke apotek atau toko yang menjual obat, kamu bisa menemukan setidaknya lebih dari satu macam obat. Mungkin, kamu juga bisa menemukan Paratusin Tablet atau yang berbentuk sirup.

Paratusin adalah merek dagang untuk obat flu, batuk, atau demam milik perusahaan farmasi Darya Varia Laboratoria. Tak tanggung-tanggung, produsen langsung mengeluarkan dua macam produk untuk meramaikan persaingan di pasar obat flu. Kondisi ini tentu membuat pilihan konsumen semakin beragam.

Kendati demikian, di sisi lain kondisi ini bisa saja malah membuat konsumen kebingungan. Mungkin sekali para konsumen bertanya-tanya soal produk mana yang lebih berkhasiat; Paratusin Tablet atau yang sediaan sirup. Kalau dilihat dari kandungannya, sebenarnya kedua produk hampir sama persis. Lantas, selain bentuk dan sediaan, apa yang membuat keduanya berbeda? Adakah salah satu lebih unggul dari segi khasiat? Untuk menjawabnya, kita akan bahas satu per satu:

  • Paratusin Tablet

Paratusin Tablet mengandung Noscapine, Chlorpheniramine maleate, Glyceryl guaiacolate, Paracetamol, Phenylpropanolamine HCl. Obat ini punya indikasi (atau manfaat) mengatasi demam, nyeri ringan hingga sedang, batuk kering, batuk berdahak, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Paratusin Tablet termasuk obat bebas, tetapi dalam penggunaannya seseorang wajib mengikuti instruksi dari dokter atau setidak-tidaknya yang tertera pada kemasan. Utamanya instruksi soal dosis, seseorang sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini melebihi dosis yang dianjurkan.

Paratusin Tablet dapat dikonsumsi manusia mulai dari usia 6 tahun. Anak berusia mulai enam tahun, sampai dengan 12 tahun, sebaiknya hanya mengonsumsi setengah tablet Paratusin sebanyak tiga kali dalam sehari. Adapun orang dewasa baru boleh mengonsumsi satu tablet per sekali konsumsi.

  • Paratusin Sirup

Paratusin Sirup mengandung Noscapine, Chlorpheniramine maleate, Glyceryl guaiacolate, Paracetamol, Succus liquiritiae, Pseudoephedrine HCl. Paratusin Sirup adalah obat untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Paratusin Sirup juga termasuk obat bebas, tetapi dalam penggunaannya seseorang wajib mengikuti instruksi dari dokter atau setidak-tidaknya yang tertera pada kemasan. Utamanya instruksi soal dosis, seseorang sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini melebihi dosis yang dianjurkan.

Jika Paratusin Tablet boleh dikonsumsi oleh mereka yang berusia setidak-tidaknya enam tahun, Paratusin Sirup sudah dapat dikonsumsi oleh anak berusia dua tahun. Adapun dosisnya, anak usia 2 sampai dengan 5 tahun cukup satu sendok teh atau sekitar 5 ml sebanyak tiga kali sehari.

Anak usia enam tahun ke atas bisa minum dengan dosis dua kali lipatnya, yakni dua sendok teh atau sekitar 10 ml, juga tiga kali dalam sehari. Sementara untuk orang dewasa dosisnya dua kali lipatnya lagi, tepatnya empat sendok teh atau 20 ml, pun sebanyak 3 kali dalam sehari.

Masing-masing kandungan yang ada di dalam Paratusin Tablet maupun Paratusin Sirup punya khasiat atau manfaatnya sendiri-sendiri. Noscapine berfungsi untuk menekan batuk. Chlorpheniramine maleate berfungsi untuk mengobati gejala-gejala alergi seperti bersin-bersin, pilek, dan radang tenggorokan.

Lanjut, ada Paracetamol yang berfungsi untuk menurunkan demam dan menghilangkan rasa nyeri ringan sampai sedang, Glyceryl guaiacolate berfungsi sebagai pengencer dahak, dan Pseudoephedrine berfungsi sebagai dekongestan yaitu meredakan hidung tersumbat.

Terkait sediaan mana yang paling baik, kamu bisa mengandalkan preferensimu sebelum membeli satu di antaranya. Semisal kamu lebih senang minum obat dalam wujud cair, belilah Paratusin Sirup. Begitu juga andai kamu lebih senang menelan obat, belilah Paratusin Tablet.

Garrick

E-mail : admin@dadaartbar.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*