Ketahui Prosedur Pemasangan IUD di RSU Bunda Margonda

  • July 21, 2021

IUD adalah alat kontrasepsi dalam rahim yang merupakan alat berbentuk T kecil yang dapat ditanamkan oleh dokter atau perawat ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan. IUD merupakan salah satu bentuk pengendalian kelahiran reversibel yang paling efektif dengan tingkat kegagalan kurang dari 1%. Pemasangan IUD menggunakan prosedur medis kecil yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Anda bisa melakukan pemasangan IUD di rumah sakit salah satunya RSU Bunda Margonda.

Persiapan Pemasangan IUD

Sebelum Anda melakukan proses pemasangan IUD seperti yang bisa dilakukan di RSU Bunda Margonda, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan ringan atau camilan terlebih dahulu agar tidak menyebabkan pusing. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi dengan minum air putih secara cukup. Anda juga harus memberikan sampel urin sehingga dokter Anda dapat memastikan apakah Anda hamil atau tidak sebelum mereka memasang IUD.

Tanyakan kepada dokter apakah Anda harus mengonsumsi obat pereda nyeri , seperti ibuprofen atau acetaminophen. Hal ini dapat membantu mencegah kram selama prosedur pemasangan IUD dilakukan.

Proses Pemasangan IUD

Saat proses pemasangan, Anda akan diminta berbaring di meja ujian dengan kaki di atas. Dokter Anda akan dengan lembut memasukkan spekulum ke dalam vagina untuk memperlebarnya. Dengan menggunakan alat khusus, dokter akan:

  • Memeriksa ukuran dan posisi rahim.
  • Membersihkan serviks dan vagina dengan cairan antiseptik.
  • Mencari masalah atau gangguan yang terjadi pada rahim.
  • Menyejajarkan leher rahim dengan rahim.

IUD berbentuk seperti huruf T, dengan satu tangan di kedua sisi. Dokter akan melipat lengan dan menempatkan perangkat ke dalam tabung aplikator, kemudian memasukkan tabung melalui leher rahim ke dalam rahim . Setelah IUD terpasang, lengan akan terlepas dan dokter akan melepas tabung aplikator.

IUD juga memiliki tali di bagian bawah yang menggantung ke leher rahim dan vagina. Dokter akan memotong tali ini hingga menyisakan hanya sekitar satu atau dua inci yang menggantung ke dalam vagina.

Pemasangan IUD memakan waktu antara 5 dan 15 menit. Anda mungkin ingin tinggal di ruangan dokter selama beberapa menit sesudahnya untuk memastikan apakah Anda merasa baik-baik saja.

Setelah Pemasangan IUD

Usai proses pemasangan IUD selesai, Anda mungkin merasakan kram saat dokter memasukkan IUD Anda. Beberapa orang mungkin ada yang sampai mengalami pusing atau pingsan ketika mereka mencoba untuk berdiri sesudahnya. Berbaringlah sampai Anda merasa cukup sehat untuk berdiri, lalu bangun dengan perlahan.

Biasanya aman untuk segera kembali bekerja atau sekolah. Namun, jika seseorang merasakan sakit atau kram yang hebat, mereka mungkin ingin beristirahat selama sehari.

Setelah pemasangan IUD, adalah normal jika kemudian Anda melihat beberapa bercak atau flek. Bercak atau flek ini pada umumnya bisa tetap muncul hingga 3-6 bulan. Obat bebas atau obat OTC dapat membantu mengurangi gejala tersebut. Rasa sakit yang ditimbulkan usai pemasangan IUD juga akan hilang dalam beberapa hari.

IUD menempel pada tali yang memungkinkan dokter atau perawat melepas perangkat. Beberapa wanita kemungkinan masih dapat merasakan tali dengan jari-jari mereka, oleh karena itu sebaiknya biarkan saja. Benangnya tidak berbahaya tetapi menariknya justru bisa menggerakkan atau bahkan melepas IUD. Jika benang menyebabkan iritasi atau jika pasangan dapat merasakan benang saat berhubungan seks, seseorang dapat meminta dokter untuk memotongnya.

Dalam kasus yang jarang terjadi, IUD dapat keluar dengan sendirinya. Jika hal ini terjadi, sangat mungkin bagi orang tersebut untuk hamil. Siapa pun yang IUD-nya terlepas harus menghubungi dokter dan tidak melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Anda juga harus bertanya kepada dokter berapa lama untuk menunggu sebelum melakukan hubungan seks tanpa kondom. IUD tidak dapat mencegah IMS, jadi penting untuk mempraktikkan melakukan seks yang lebih aman dengan pasangan baru.

Jika Anda ingin melakukan pemasangan IUD, Anda bisa menghubungi beberapa rumah sakit salah satunya RSU Bunda Margonda yang terletak di Jalan Margonda Raya No. 28, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424. RSU Bunda Margonda memiliki layanan untuk pemasangan dan pelepasan IUD, dengan jam operasional Senin sampai Minggu mulai pukul 00.00 hingga 23.59, serta unit gawat darurat 24 jam.

Garrick

E-mail : admin@dadaartbar.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*