11 Cara Mengatasi Morning Sickness, Keluhan Ibu Hamil Trimester 1

11 Cara Mengatasi Morning Sickness, Keluhan Ibu Hamil Trimester 1

  • June 23, 2021

Mual menjadi keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Bahkan ini sangat wajar dan menjadi keluhan ibu hamil trimester 1 yang paling umum, terlebih di pagi hari, sehingga mual dan muntah ini sering pula disebut dengan morning sickness

Apa yang Menjadi Penyebab Ibu Hamil Mual?

Mual dan muntah paling mungkin disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Salah satu hormon dalam tubuh yang meningkat adalah hormon B-HCG atau Beta Human Chorionic Gonadotropin. Peningkatan hormon ini menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan pada tubuh, seperti sistem pencernaan. Dampaknya bisa berupa perubahan respon terhadap rangsangan dari luar. 

Itulah kenapa ibu hamil biasanya jadi lebih peka atau sensitif, misalnya terhadap bau. Sehingga mudah terangsang dan menyebabkan terjadinya mual dan muntah. 

Peningkatan hormon ini biasanya terjadi dalam waktu 60 hari sejak terjadi pembuahan. Setelah itu, kadar hormon ini akan turun dan gejalanya juga akan berkurang. 

Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 1 Berupa Mual dan Muntah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan berupa mual dan muntah yang dialami ibu hamil di trimester 1 ini, yaitu:

  1. Mengubah pola makan, bisa dilakukan dengan makan porsi sedikit tetapi dilakukan lebih sering
  2. Jangan paksa untuk makan dalam porsi besar dalam sekali makan
  3. Ketika bangun tidur, lebih baik bersantai dulu dalam posisi terlentang dan bantal ditinggikan. Jika ingin berdiri, lakukan secara bertahap mulai dari dudu, berdiri, dan berjalan. Hindari berdiri secara langsung saat bangun tidur karena bisa memicu rasa mual dan pusing
  4. Hindari berbagai jenis makanan yang terlalu merangsang, bersantan, berbumbu, dan terlalu berminyak banyak. Jenis makanan ini bisa menstimulasi rasa mual hingga akan makin parah
  5. Hindari menggosok gigi dan minum susu di pagi hari
  6. Cobalah untuk makan makanan ringan di pagi hari seperti biskuit atau cookies dan minum minuman hangat. Jangan langsung menyantap makanan berat
  7. Mengurangi beban pikiran yang terlalu berat dan jangan sampai kekurangan istirahat. Ini bisa menyebabkan masalah mual dan muntah semakin parah
  8. Hindari stres karena faktor psikologis, karena bisa menyebabkan terjadinya gangguan mual ketika hamil. Bila Anda memiliki kecemasan, ceritalah pada pasangan agar pikiran Anda lebih tenang. Ciptakan suasana yang positif dan sugestikan hal-hal baik bahwa semua yang Anda alami selama kehamilan akan terlewati dengan aman.
  9. Ibu hamil bisa mengonsumsi vitamin B6 untuk mengurangi gejala mual dan muntah. Bisa juga minum segelas jahe hangat yang ditambah madu agar rasanya lebih enak.
  10. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan Anda sukai, jangan lupa juga untuk perbanyak istirahat.
  11. Cobalah pijat akupuntur sendiri pada titik-titik Neiguan, misalnya di pergelangan tangan sisi telapak tangan. 

Keluhan Ibu Hamil Trimester 1 Lainnya

Selain morning sickness atau mual dan muntah, ada pula keluhan lain yang dialami oleh ibu hamil di trimester pertama ini, yaitu:

1. Nyeri payudara

Pada usia kehamilan 4-6 minggu, akan ada peningkatan hormon progesteron, sehingga akan menyebabkan rasa nyeri dan payudara membengkak. Untuk mengatasi keluhan ini Anda bisa menggunakan maternity bra atau sport bra yang tidak memiliki kawat. Bisa juga dengan menggunakan breast pad bila puting payudara Anda sangat sensitif.

2. Konstipasi dan kembung

Motilitas usus akan menurun saat masa kehamilan. Pada orang yang tidak hamil, akan terjadi pengosongan lambung setiap 4 jam sekali, tapi saat hamil biasanya 5-6 jam sekali. Sehingga menyebabkan ibu hamil susah buang air besar alias konstipasi. Pastikan Anda makan makanan tinggi serat dan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

3. Kram perut bawah

Pada saat hamil, biasanya akan terasa kram di bagian perut bawah karena telur yang terfertilisasi di dinding rahim menyebabkan sedikit luka.

4. Gerah dan letih

Kehamilan bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga ibu hamil akan mudah merasa gerah. Hal ini juga bisa disebabkan karena peningkatan hormon estrogen sehingga ibu hamil akan mudah letih dan mengantuk. 

5. Mood swing

Peningkatan hormon estrogen dan progesteron saat hamil merupakan hal yang normal. Sehingga ibu hamil akan sering mengalami perubahan emosional (mood swing). Anda memang perlu selalu berpikir positif dan menerima perubahan yang terjadi selama kehamilan untuk mengurangi keluhan ini.

6. Frekuensi kencing meningkat

Kerja ginjal akan meningkat sebesar 50 persen dan terjadinya perubahan hormon saat masa kehamilan. Ini juga akan menyebabkan produksi urine jadi meningkat. 

7. Berat badan meningkat

Ada pula orang yang hamil tidak mengalami mual dan muntah sama sekali. Ibu hamil justru bisa makan dengan baik. Kondisi ini disebut hamil kebo. 

Bila ini terjadi, Anda perlu memantau kenaikan berat badan. Karena berat badan naik belum tentu diiringi oleh kenaikan berat janin. 

Itulah beberapa cara mengatasi berbagai keluhan ibu hamil trimester 1, mulai dari mual, hingga keluhan lainnya.

Garrick

E-mail : admin@dadaartbar.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*